Langkah - Langkah Mendesain Kaos Sendiri

Sabtu, Agustus 24, 2019 | Beri komentar
Langkah - Langkah Mendesain Kaos Sendiri
Banyak orang yang tidak puas dengan sablon ataupun desain kaos yang ada dipasaran. Oleh sebab itu tidak sedikit orang yang membeli kaos polos melalui grosir kaos polos yang sudah banyak ditemukan di situs online, lalu mendesain dan melakukan sablon sendiri ataupun melalui jasa sablon terbaik.

Pakaian kaos adalah jenis pakaian yang sangat simple dan gak ribet dibanding dengan jenis pakaian yang lain. Banyak sekali berbagai macam model kaos di pasaran yang bisa kita temukan. Namun model yang ada di pasaran tidak sesuai dengan selera dan keinginan kamu. Sampai-sampai kamu bosan untuk membeli kaos tersebut.

Sekarang kamu tidak usah bingung lagi untuk mewujudkan desain kaos kamu, karena kamu juga bisa membuat kaos sablon dengan buatan kamu sendiri. Bahkan caranya sangat mudah dan bisa dibilang gampang. Berikut adalah beberapa langkah membuat kaos sablon diantaranya :

Membuat desain kaos
Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu harus membuat desain kaos terlebih dahulu. kamu  bisa menggunakan Coreldraw  untuk mendesain  kaos sablon yang akan  kamu buat. untuk hasil terbaik ada beberapa tips yang harus kamu lakukan, seperti :

  • Sesuaikan Warna Desain
Memperhatikan warna desain ini sendiri sangatlah penting, di mana dalam hal ini akan dapat terlihat estetika desain dengan warna kaos yang digunakan. Usahakan kamu dapat memilih warna desain yang tidak terlalu menabrak warna kaos dan desain dapat tetap stand out.

  • Detail Gambar
Detail gambar sendiri merupakan salah satu aspek yang sangat penting dan juga harus dapat diperhatikan dengan seksama. Detail gambar ini sendiri jika dibuat secara asal tentu saja akan menjadi kesalahan yang fatal pada saat dicetak dan membuat sebuah kaos tidak menarik lagi.

  • Perhatikan Kombinasi Warna
Memperhatikan kombinasi warna tidak hanya warna kaos polos hitam dengan desain, akan tetapi juga warna dalam desain itu sendiri. Sangat penting untuk dapat memperhatikan kesimbangan warna dalam sebuah desain ini.

Pembuatan film atau klise

Hasil desain olahan dari Coredraw  tadi, selanjutnya dicetak dengan menggunakan film atau bis juga dengan kertas kalkir dengn print BW yang berwarna hitam dan juga putih.

Proses stensil atau afdruk

Pada tahapan ini yaitu proses pemindahan desain yang sudah dicetak di film sablon ke screen dengan menggunakan cahaya ultraviolet. Screen tersebut terbuat dari kain dengan pori – pori halus seperti kain sutra. Bahan yang digunakan untuk stensil atau afduk adalah larutan emulsi dan sensitizer.

Sablon

Sablon yang bisa kita gunakan dalam membuat kaos sablon adalah sablon manual dan juga sblon digital. Khusus jenis sablon manual biasanya tinta sablon tersebut diaplikasikan sendiri pada kaos. Sedangkan untuk yang digital menggunakan  sejenis alat seperti printer kertas namun memiliki ukuran yang sangat besar dan telah terisi tinta sablon.

Mencetak atau pengaplikasian

Tahap proses aplikasi dari desain ke bahan kaos yang telah dipotong sesuai dengan ukuran badan kamu. Dalam tahap ini yang perlu kamu perhatikan adalah tenik sapuan sablon menggunakan rakel. Rakel sendiri merupakan sebuah alat untuk menyapu tinta sablon yang terbuat dari karet. Proses mencetak sablon itu sebenarnya sederhana, yaitu memindahkan tinta pada bahan kaos melalui screen, sehingga membutuhkan alat yang namanya rakel.

Proses drying atau pengeringan

Proses pengeringan ini sangat simple biasanya dikerikan dengan cara penjemuran  atau dengan bantuan kipas angin, blower, dan juga  dryer.
Reaksi:
Kategori: