Tips Memilih Headset Sesuai dengan Selera dan Kebutuhan

Senin, November 25, 2019 | Beri komentar
Headset

Banyak toko online yang menjual headset dengan berbagai model dan merek. Misalnya brand yang sedang trend saat ini seperti headset logitech yang memiliki banyak pilihan seri produk dengan kualitas terbaik. 

Memilih headset sebagai perangkat dan sekaligus teman setia untuk koleksi musik tidak boleh sembarangan. Maka dari itu, perlu tips khusus untuk menemukan headset yang cocok dengan selera individu dan tidak cuman untuk sekedar bergaya.

Sebelum kamu akan membeli headset, hendaknya perlu mengetahui terlebih dahulu tips memilih headset yang bagus dan berkualitas. Berikut ini ada beberapa tips sederhana namun sangat penting untuk memilih headset, supaya mendapatkan pengalaman yang sangat memuaskan ketika digunakan.

Perhatikan Kebutuhan Akan Headset
Sebelum membeli headset, sebaiknya kamu mengetahui cara memilih headset yang bagus. Misalnya dengan memperhatikan kebutuhan kamu. Kebutuhan ini pada dasarnya ditentukan dari musik yang akan didengar ataupun untuk bermain game. Jika untuk mendengarkan musik, maka lihat jenis musik apa yang paling kamu sukai dan paling sering kamu dengarkan.

Tiap jenis musik pun memiliki karakteristriknya sendiri-sendiri. Misalnya, jenis musik hip hop dan metal cocok dengan headset dengan jenis warm. Atau aliran musik jenis rock dan klasik lebih cocok dengan headset berjenis bright yang mengeluarkan suara cenderung treble.

Bentuk dan Tipe Headset
Bentuk dan tipe headset bermacam-macam, terdapat beberapa pilihan bentuk yang bisa kamu pilih. Kamu dapat memilih headset yang terpisah. Jika kamu senang berolahraga kamu bisa memilih headset bluetooth yang menggantung di leher belakangmu agar tidak mudah terjatuh. Yang paling penting adalah sesuaikan dengan kebutuhan dan tentunya selera.

Kenyamanan
Ini adalah hal yang mutlak harus kamu perhatikan. Sebelum membeli sebuah headset, pastikan kalau kamu akan nyaman menggunakannya. Beberapa indikator kenyamanan sebuah headset adalah modelnya, ukurannya, dan bentuknya yang nyaman ketika kamu gunakan di telinga. 

Hal lainnya adalah tingkat kenyamanan saat kamu memasang atau melepasnya secara cepat, tentunya kamu tidak akan puas bila ada telepon mendadak dan kamu kesusahan memasang headset di telinga kan?

Perhatikan Anggaran
Hal yang paling penting sebenarnya adalah anggaran kamu untuk membeli headset. Setelah menimbang jenis, bentuk, dan spesifikasi, sesuaikan anggaran atau keuangan yang kamu miliki. Biasanya, semakin tinggi kualitas yang dimiliki oleh headset, maka semakin mahal pula harganya. Jangan sekali-kali tergiur oleh barang non-original atau yang KW, karena pasti tidak akan tahan lama.

Spesifikasi
Spesifikasi headset yang ada di pasaran saat ini berbeda-beda, kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan kamu. Untuk kamu yang menggunakan headset untuk sekedar bertelepon, tentu kualitas suara yang sedang saya rasa sudah cukup. Namun untuk kamu yang menggunakannya untuk kegiatan gaming, nonton film, mendengarkan musik tentu kualitas suara yang baik adalah hal yang mutlak bukan?

Selain itu, perhatikan juga kejernihan suara dari sebuah headset agar kamu tetap bisa mendengar dengan jelas meski berada di keramaian. Dan yang utama, daya tahan baterai. Headset menggunakan baterai sebagai sumber dayanya, jika kamu ingin menggunakan headset ini secara rutin dan dalam jangka waktu yang lama, maka kamu memerlukan headset dengan kapasitas baterai yang besar dan awet.

Pastikan Ada Garansi Resmi
Ketika ingin membeli headset, perhatikan garansi resmi atau dari distributor. Kamu perlu mengetahui garansi yang diberikan saat pembelian. Garansi ini penting agar kamu tidak perlu pusing jika headsetmu mengalami kerusakan.
Reaksi:
Kategori: ,