Keuntungan Membeli Mobil Bekas

Jumat, Januari 31, 2020 | Beri komentar
Keuntungan beli mobil bekas

Ketika anda memutuskan untuk membeli sebuah mobil untuk menjadi kendaraan pribadi anda, ada banyak hal yang perlu anda pertimbangkan. Salah satunya adalah apakah anda akan membeli mobil baru atau mobil bekas?. Jika anda memiliki finansial yang terbatas, tidak ada salahnya untuk membel mobil bekas, karena tidak selamanya mobil bekas memiliki kualitas yang buruk. Terlebih saat ini anda juga bisa menggunakan jasa inspeksi mobil supaya anda bisa tetap mendapatkan kendaraan yang berkualitas meskipun kendaraan tersebut adalah mobil bekas. Selain itu, berikut beberapa keuntungan jika anda memilih untuk membeli mobil bekas.

1. Harga yang lebih murah
Seperti yang sudah dibahas di awal, harga yang lebih murah merupakan salah satu keuntungan yang bisa anda dapatkan jika anda membeli kendaraan bekas. Ini bisa menjadi solusi bagi anda yang ingin memiliki mobil namun dengan kondisi finansial yang terbatas.

2. Mudah dbeli dengan kredit
Keuntungan lain yang bisa anda dapatkan ketika anda membeli mobil bekas adalah kemudahan pembayaran dengan sistem kredit. Saat ini ada banyak program perbankan yang bisa anda gunakan untuk melakukan kredit mobil bekas. Harga mobil bekas dan tingkat bunga yang lebih rendah juga meringankan anda untuk membayar cicilan mobil bekas tersebut.

3. Biaya bulanan lebih ringan
Ketika anda memutuskan untuk membeli sebuah kendaraan, anda juga harus siap dengan pengeluaran tambahan setiap bulannya untuk kendaraan anda. Jika anda memilih untuk membeli mobil keluaran terbaru, maka biaya yang perlu anda persiapkan untuk asuransi atau pajak kendaraan tentu lebih tinggi dibanding jika anda membeli mobil bekas dengan tahun keluaran yang lebih lama.

4. Nilai depresiasi rendah
Setiap tahunnya, harga sebuah mobil akan mengalami penurunan atau depresiasi yang cukup tinggi. Maka, ketika anda memutuskan untuk membeli mobil keluaran terbaru, nilai mobil anda akan terdepresiasi setiap tahunnya. Nilai depresiasi ini bervariasi, namun umumnya sekitar 15 hingga 20 persen per tahun. Lain halnya dengan mobil bekas yang sudah berumur diatas lima tahun. Penurunan harga mobil yang sudah berusia lima tahun lebih cenderung tidak akan terlalu signifikan.

5. Proses lebih cepat
Ketika anda memutuskan untuk membeli mobil baru, ada kemungkinan anda harus melalui proses inden terlebih dahulu, sehingga anda tidak bisa langsung membawa pulang mobil impian anda. Lain halnya jika anda membeli mobil bekas. Anda bisa memiliki dan membawa mobil tersebut dengan proses yang lebih cepat.

6. Dokumen bisa langsung dimiliki
Selain proses yang lebih cepat karena tidak perlu melalui proses inden, membeli mobil bekas juga bisa membuat anda memiliki dokumen-dokumen resmi tersebut dengan lebih cepat. Dokumen-dokumen ini misalnya STNK atau BPKB. Jika anda meilih untuk membeli mobil baru, anda tentu harus menunggu agar STNK, BPKB, bahkan plat nomor mobil anda resmi anda dapatkan. Dengan dokumen yang bisa lebih cepat anda miliki, maka anda juga bisa lebih cepat menggunakan mobil anda untuk berkendara di jalan raya. 

7. Fitur tidak terlalu beda jauh
Setiap tahunnya, sebuah pabrikan mobil pasti mengeluarkan versi terbaru dari mobil-mobil produksi tahun sebelumnya. Padahal versi terbaru ini memiliki tambahan fitur yang tidak terlalu beda jauh dari versi beberapa tahun sebelumnya. Maka, tidak ada salahnya membeli mobil keluaran beberapa tahun sebelumnya. Meskipun anda tidak membeli versi keluaran terbaru, anda masih bisa memiliki fitur-fitur yang tidak terlalu beda jauh dengan fitur yang ada pada mobil versi terbaru. 

Itulah beberapa keuntungan jika anda memilih untuk membeli mobil bekas. Meskipun begitu, anda tetap harus teliti ketika hendak membeli mobil bekas dan mengecek kondisi mobil tersebut. Untuk memastikan hal ini, anda bisa menggunakan jasa inspeksi mobil Otospector. Dengan ini, anda bisa mendapatkan mobil bekas dengan kualitas yang tidak kalah dengan mobil baru.
Reaksi:
Kategori: ,