Generasi Milenial dan Teknologi, Duet Maut Era Modern

Jumat, September 18, 2020 | Beri komentar
Generasi Milenial dan Teknologi, Duet Maut Era Modern

Penggunaan teknologi oleh generasi milenial agaknya menjadi hal yang sangat wajar. Tidak lain dan tidak bukan, karena teknologi berkembang dan tumbuh bersama dengan generasi ini. Jadi tak heran jika generasi ini memiliki kemampuan adaptasi yang sangat baik pada berbagai teknologi baru, dan menjadi satu ‘komoditas’ pilihan di pasar tenaga kerja. Lagipula, tidak bisa dipungkiri juga bukan jika banyak sekali pekerjaan kini memerlukan orang yang cenderung tech savvy?

Munculnya berbagai platform yang berkaitan dengan Internet mungkin juga jadi satu alasan besar mengapa kemudian teknologi yang ada digunakan dengan optimal. Banyaknya informasi yang bisa didapat, keleluasaan akses, serta update mengenai hal baru, menjadi konsumsi harian orang-orang muda. Teknologi yang ada baik berupa gadget atau perangkat lunak ‘dieksploitasi’ untuk dapat memenuhi kebutuhan setiap penggunanya.

Namun sebenarnya bagaimana tren penggunaan teknologi pada generasi milenial ini? Apakah produktif atau cenderung kontra produktif?

Produksi Konten

Memproduksi berbagai jenis konten merupakan kegiatan rutin yang dilakukan sebagian besar orang, termasuk kamu yang berada di kelompok generasi milenial. Tentu, konten ini juga memiliki berbagai tujuan, sebab kini dengan konten kamu bisa mendapatkan peluang bisnis atau kesempatan kerja di berbagai bidang.

Jika dilihat dari segi produktivitas, produksi konten yang dilakukan terus menerus tentu adalah satu kegiatan produktif. Hanya saja kemudian harus dilihat kembali kualitas dan pesan dari konten tersebut. Apakah bermuatan sesuatu yang informatif, atau menunjukkan kemampuan produksi, atau sekedar konten hiburan yang ditujukan untuk menghibur saja, semua memiliki nilai positif negatifnya masing-masing.

Penggunaan Teknologi untuk Bekerja

Tidak sedikit generasi milenial yang kini bekerja dengan dasar kemampuan memanfaatkan teknologi yang baik. Bukan sekedar pengelolaan feed media sosial saja, namun pemanfaatan berbagai perangkat lunak juga sudah jadi tren. Analisa pasar, pembuatan UI/UX, riset data, dan masih banyak lagi. 

Memang pemanfaatan teknologi untuk bidang tersebut tidak eksklusif untuk generasi milenial saja, namun kecenderungan muncul karena generasi ini mudah beradaptasi dan mencerna teknologi yang baru muncul. Maka tak heran, banyak perusahaan yang mengincar talent muda potensial karena mudah diajak bekerja secara dinamis dan terus bergerak.

Online Store Tampak Lebih Diminati

Tentu kamu juga sadar bahwa penggunaan dan berbelanja di online store kini lebih dijadikan pilihan daripada harus pergi mendatangi toko. Hal ini terjadi karena kecenderungan kaum muda yang lebih mengutamakan kepraktisan. Belanja online dinilai jauh lebih efektif dan efisien dari segi waktu, karena semua bisa diselesaikan dalam satu gadget saja.

Apa dampaknya? Tentu toko-toko yang memiliki bentuk fisik perlahan mulai harus beradaptasi. Tidak sedikit brand besar yang memilih menutup toko offline karena tidak mendatangkan keuntungan lagi. Pemanfaatan teknologi oleh kaum milenial ini perlahan tapi pasti akan mengubah format jual beli, yang tadinya harus dengan tatap muka perlahan akan beralih menjadi transaksi online, baik di marketplace atau aplikasi khusus yang disediakan oleh brand.

Tuntutan Paket Internet Ekonomis namun Berkualitas

Penggunaan teknologi oleh generasi milenial juga wajib disertai dan didukung penuh oleh layanan internet yang berkualitas. Hal ini kemudian memunculkan ‘tuntutan’ adanya paket internet yang ekonomis, namun memiliki kecepatan dan stabilitas yang baik. Kesempatan ini tidak luput dari riset yang dilakukan provider sehingga dapat menggaet pasar tersebut.

Memang mungkin secara teori tidak masuk akal, bagaimana cara menyediakan layanan berkualitas dengan harga ekonomis? Namun beberapa provider dapat menyediakan hal tersebut sehingga dijadikan pilihan utama oleh generasi milenial. Permintaan pasar dari generasi ini tanpa disadari juga sudah mengubah cara pemasaran dan produk dari provider agar mendapatkan lebih banyak pengguna.

Generasi Milenial, Tak Mungkin Lepas dengan Teknologi

Mulai dari hal yang paling sederhana hingga hal yang paling kompleks, generasi ini sepertinya dapat menemukan jalan keluar dengan memanfaatkan teknologi yang kini ada. Bahkan tidak jarang gagasan dan terobosan baru muncul dari generasi ini. Sesederhana aplikasi pembayaran dan transportasi online, hingga hal kompleks seperti optimalsisasi hasil peternakan dengan monitoring sapi, semua bisa dimaksimalkan.

Ke depan tidak berlebihan rasanya jika kita semua, termasuk juga kamu, berharap banyak pada generasi milenial. Sebagai generasi yang tumbuh bersama teknologi, optimalisasi teknologi di setiap lini kehidupan akan jadi hal yang sangat wajar dan umum untuk era sekarang dan di masa yang akan datang.

Generasi milenial bisa dikatakan sebagai modal besar untuk Indonesia dalam menghadapi era globalisasi. Tentu saja, aktivitas optimalisasi teknologi yang dilakukan oleh generasi milenial perlu dukungan penuh dari provider internet handal. Biznet Home, adalah jawaban dari kebutuhan internet cepat dan lancar, serta ekonomis dari generasi milenial. Dengan paket internet terjangkau yang ditawarkan, pasang Wi-Fi tak lagi jadi hal sulit dan menguras banyak uang. Kunjungi situs resminya sekarang, dan pastikan kamu mendapat penawaran terbaiknya!

Reaksi:
Kategori: ,