Manfaat Teknologi VR untuk Kemajuan Sebuah Perusahaan

Sabtu, Februari 06, 2021 | Beri komentar
Manfaat Teknologi VR untuk Kemajuan Sebuah Perusahaan

Bagi sebuah perusahaan mencari karyawan yang berkompeten dan berdedikasi tinggi merupakan langkah awal untuk memajukan sebuah perusahaan. Namun selain memperhatikan keluar dan masuknya karyawan, sebuah perusahaan juga perlu memperhatikan perkembangan karyawannya. Untuk itulah dibutuhkan pemantauan karyawan melalui proses penilaian secara berkala. Bahkan kini mulai banyak perusahaan yang menerapkan asesmen dengan virtual reality untuk meningkatkan kualitas karyawan demi kemajuan perusahaan. 

Pentingnya Asesmen Karyawan Bagi Sebuah Perusahaan 

Salah satu faktor yang berpengaruh pada kemajuan perusahaan adalah kualitas karyawannya. Meskipun perusahaan sudah memiliki karyawan yang pintar namun jika karyawan tersebut tidak dipantau dan dinilai secara berkala maka kemungkinan karyawan tersebut akan sulit untuk berkembang. Tidak hanya itu, karyawan yang perkembangannya tidak dipantau dan didukung oleh perusahaan juga bisa memengaruhi loyalitasnya. Untuk itulah perlu dilakukan proses asesmen karyawan untuk menganalisa dan memberikan pelatihan untuk mendukung perkembangan karyawan. 
 
Asesmen bisa dilakukan secara rutin sekali dalam setiap periode, misalnya setahun sekali atau setahun dua kali. Atau, bisa juga digunakan menjelang adanya rencana promosi jabatan. 

Dengan adanya asesmen di sebuah perusahaan maka perusahaan bisa memperoleh gambaran historis dari perkembangan karyawannya sehingga bisa mengambil keputusan secara objektif. Sedangkan manfaat asesmen bagi karyawan yaitu setiap karyawan bisa memperoleh feedback yang tepat sesuai dengan kemampuan dan kinerjanya dalam bekerja. Dengan demikian diharapkan karyawan dapat menjalankan tugas maupun pekerjannya secara lebih baik untuk ke depannya.

Sementara untuk pelatihan, banyak perusahaan yang menggunakan asesmen dalam pentuk VR karena dianggap lebih efektif. Sebab VR akan memberikan sebuah simulasi yang membuat karyawan dapat merasakan suasana seperti nyata. Dalam simulasi perusahaan mungkin akan memberikan satu atau lebih permasalahan untuk melihat bagaimana seorang karyawan memecahkan atau menyelesaikan permasalahan tersebut. 

Karena dalam bentuk simulasi, maka memungkinkan karyawan untuk mengambil tindakan tanpa menimbulkan risiko paada perusahaan. Melalui cara ini, selain karyawan mendapat suatu ilmu baru melalui pelatihan ini, perusahaan juga dapat menganalisa karakter karyawan. Dengan begitu baik perusahaan maupun karyawan akan mendapat keuntungan.

Kategori: , ,