Iklan

RajaBackLink.com

Ini 7 Obat Diare Alami yang Manjur dan Mudah di Dapat

liputan6.com

Obat diare tidak selamanya harus berasal dari bahan-bahan kimia saja, tapi juga banyak jenis pengobatan diare berbahan alami yang bisa dengan mudah dijumpai di sekitar rumah sebagai upaya tindakan penanganan pertama pada penderita diare.

Sebab, penderita diare yang tidak cepat mendapatkan penanganan medis terkadang bahkan berujung pada kondisi dehidrasi yang sangat parah dan pada kondisi yang lebih fatal, diare bisa juga menjadi penyebab kematian.

Oleh karena itu penting pula mengetahui jenis bahan-bahan alami yang tak hanya bisa digunakan sebagai tindakan medis pertama pada penderita diare tapi juga ampuh untuk menghentikan diare itu sendiri.

Mengenal Beberapa Jenis Obat Diare Alami

Tanpa kita sadari, sebenarnya banyak obat-obatan alami yang berbasis herbal yang bisa dijumpai di sekitar lingkungan rumah kita sendiri.

Bahkan, pada zaman dahulu jenis obat-obatan diare alami banyak digunakan sebagai pengobatan paling mujarab tanpa harus khawatir dengan efek samping pada penggunaan jangka panjang seperti halnya obat-obatan berbahan kimia.

Jenis obat-obatan diare ini pun beragam mulai dari sayur mayur, rempah hingga buah-buahan, berikut pilihan jenis obat diare yang tak hanya sekedar meredakan tapi juga menyembuhkan penyakit diare.

1. Pisang

Selain baik untuk melancarkan pencernaan, buah pisang juga sangat baik untuk penyembuhan penyakit diare. Bahkan, saat penderita diare mengkonsumsi pisang akan membuat tekstur feses tak lagi encer.

Kandungan pektin dan serat alami yang ada pada buah pisang diketahui memiliki kemampuan untuk menyerap cairan berupa kotoran yang ada di dalam usus.

2. Jahe

Selain bisa digunakan untuk penghangat badan dan obat masuk angin. Air jahe juga ternyata bisa dijadikan sebagai obat diare yang ampuh. Sifat anti bakteri dan anti radang pada jahe bisa dijadikan sebagai obat utama ketika mengalami diare yang disebabkan oleh bakteri E.coli.

3. Kunyit

Tanaman rempah ini banyak digunakan sebagai obat untuk luka dalam, termasuk bagi ibu yang baru melahirkan. Kandungan curcumin pada kunyit yang bersifat anti bakteri bisa dengan cepat membasmi bakteri E.Coli. Cara pengolahannya pun cukup dengan merebus kunyit yang sudah dibersihkan kemudian air rebusan itu diminum hingga diare benar-benar mereda.

4. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda atau dugan mengandung zat elektrolit sebagai pengganti cairan yang banyak keluar ketika terjadi diare. Nah, para penderita diare umumnya akan kehilangan banyak cairan tubuh sehingga dengan meminum langsung air kelapa muda, cairan tubuh yang hilang akan lebih cepat tergantikan.

5. Lada Putih

Zat piperin yang ada dalam lada putih sangat efektif mengurangi berbagai peradangan di dalam tubuh termasuk pada penderita diare. Cara konsumsinya pun terbilang mudah, Anda cukup merebus lada putih secukupnya, kemudian minum sebanyak 3 x sehari atau hingga diare bener-bener mereda.

6. Wortel

Selain baik untuk indera penglihatan, wortel juga bisa dijadikan sebagai obat diare yang paling mujarab. Umbi-umbian ini juga memiliki kandungan senyawa pektin yang efektif menyerap cairan diare di dalam tubuh sehingga membuat tekstur feses jadi lebih padat. Anda bisa mengkonsumsi wortel yang sudah dibersihkan secara langsung atau mengolahnya menjadi sup yang lezat.

7. Oralit

Obat diare terakhir adalah oralit yang proses pembuatannya pun relatif mudah, karena hanya membutuhkan garam dapur serta gula pasir yang dicampur dalam air hangat.

Ramuan oralit alami ini bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat diare dengan meminumnya tiap 6 jam sekali sampai diare benar-benar hilang.

Selain mengetahui obat diare alami yang mudah didapat dan ampuh menyembuhkan diare, penting juga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan karena penyakit diare disebabkan oleh bakteri E.coli yang ada di makanan maupun minuman yang tidak bersih.

Posting Komentar

0 Komentar